Selasa, 17 Mei 2011

Lampu Speedometer Jupiter MX

Lampu speedometer Jupiter MX gue sekarang udah berubah dari bohlam standar ke lampu LED.
Idenya muncul ketika ngelihat panel indikator pada kokpit pesawat tempur. Keren banget serba hijau gitu.

Modalnya cukup beberapa biji lampu LED yang gede, kapasitasnya 9 volt (per biji 2.000 rupiah) dan beberapa biji resistor dengan tahanan 10 k (per biji 100 rupiah). Gue pasang masing-masing LED dengan satu buah resistor pada kaki plusnya.
Cara pasang di speedometer pun gampang koq, tinggal copot bohlam asal, trus pasangin LED dengan selongsong bekas yang sudah mati LED nya atau bisa juga dipasang langsung dengan nacapin kaki LED pada perumahan bohlam nya.

Sebenarnya LED lampu ini banyak yang jual jadi, tapi warnanya kurang bervariasi. Makanya gue bikin sendiri. Gue punya hijau, biru, ungu ama merah. Untuk lampu utama speedo gue pake hijau (biar mirip kokpit pesawat tempur) tapi sekarang gue lagi pasang warna biru (gak kalah bagus walau gak mirip kokpit pesawat tempur) wkwkwkwk... Gak konsisten yahh..
Naahhh... Urusan gear position gue baru pake yang beda warna, biar lebih terlihat kalo lagi mindah gigi.


Yang perlu diperhatikan saat masang adalah menjaga agar kaki-kaki LED tadi tidak bersentuhan satu sama lain, apalagi kalo kita gak pake selongsong alias telanjang tanpa sarung warna biru seperti gambar di atas. Lampu jenis ini mudah mati kalo terjadi kontak.
Sebelum masang, jangan lupa dicoba dulu posisi positif dan negatif kaki nya, nyalain konci kontak dan kemudian tes arah kaki pada perumahan bohlam. Sebaiknya juga, matikan konci kontak saat sudah tau posisi positif dan negatifnya agar pada saat pemasangan LED gak mati karena kemungkinan terjadi goyang saat nacapin LED. Punya gue beberapa kali mati tuh, kepaksa beli lagi. Hahahaha...
O iya, kaki LED baru kan panjang tuh, buat nyesuain sama perumahan nya tinggal potong atau dilipat aja.

Selamat mencoba ya buat yang tertarik. Hehee...


6 komentar:

  1. cara pemasangannya gimana gan ??
    step by stepnya dari buka speedometernya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gimana caranya ?
      *pengen ganti tp takut salah.

      Hapus
  2. wah bagus ini, makasi infonya.. tapi....
    resistornya dimasukin dalem selongsong apa gmn gan?

    BalasHapus
  3. Resistor apa ga terlalu kcil itu bos ap ga gmpang putus lampunya

    BalasHapus
  4. Setiap satu lampu resistornya berpa biji,satu apa lebih dari satu.soalnya takut gmpang putus.
    Q udah baru kemarin nyoba d mtor mx saya resistor di bawah 10k d pasang dua biji tetep aja lampunya putus

    BalasHapus